Kamis, 10 Maret 2016

KONSEP KOMUNIKASI DUNIA MAYA

A.    Konsep Dasar Dunia Maya
Komunikasi adalah proses penyampaian dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) sehingga tejadi kesamaan pengertian atas pesan. Komunikasi yang dipahami sebagai virtual reality pada ruang lingkup (alam maya) dengan menggunakan internet. Komunikasi virtual sebenarnya dilakukan dengan cara representasi informasi digital yang bersifat diskrit.
Komunikasi Virtual merupakan suatu bentuk proses komunikasi yang menggunakan teknologi sebagai sarana berkomunikasi antara satu pihak kepada pihak lain dan biasanya feedback dapat langsung diterima dengan proses penyampaian pesan melalui ruang maya (cyberspace) yang bersifat interaktif. Contohnya adalah seperti chating, browsing, dan email melalui internet. Internet merupakan media komunikasi yang sangat efektif bagi umat manusia di dunia. Layanan yang ditawarkan juga beragam. Kita dapat menikmati fasilitas-fasilitas seperti e-mail, chatting (mIR Chat) dan web.
Pada mulanya istilah dunia maya muncul pertama kali dalam novel Neuromancer, yang ditulis oleh William Gibson pada tahun 1984. Istilah tersebut merujuk pada jaringan informasi luas yang oleh para penggunanya disebut console cowboys akan “muncul”, atau koneksi langsung dengan sistem-sistem syaraf mereka (Severin and Tankard, 2008: 445). Dari konsep William Gibson tersebut, Benedikt (1991: 122-123) memunculkan definisi yang lebih formal dengan menyatakan bahwa “dunia maya” adalah realita yang terhubung secara global, didukung komputer, berakses komputer, multidimensi, artifisial, atau “virtual”. Dalam realita ini, setiap komputer adalah jendela, dimana akan terlihat atau terdengar objek-objek yang bukan bersifat fisik dan bukan representasi objek-objek fisik, namun lebih merupakan gaya, karakter, dan aksi pembuatan data, pembuatan informasi murni.
Jadi, komunikasi virtual atau komunikasi dunia maya adalah jenis komunikasi yang dilakukan antara komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui media komunikasi virtual (maya) seperti komunikasi yang dilakukan melalui e-mail, facebook, twitter, whatsapp dan lain sebagainya.
B.     Manfaat Komunikasi Dunia Maya

1. Sebagai media komunikasi interaktif Feedback yang terjadi dalam komunikasi interaktif terjadi langsung dari komunikannya
2.  Memperluas ilmu pengetahuan.
Berbagai pengetahuan dapat diperoleh melalui internet. Informasi-informasi terupdate di seluruh dunia bisa nikmati dan kita pelajari.  Bahkan tidak sedikit para pengguna internet memanfaatkan browser sebagai bahan referensi.
3. Memperluas pergaulan
Dengan adanya dunia maya, memang banyak situs web yang menyediakan layanan pertemanan atau biasa di sebut jejaring sosial. Hal ini juga bisa berlanjut sampai kita bertemu dengan teman yang kita kenal di dunia maya dan di dunia nyata.
4. Mengembangkan daya pikir otak
  Lebih bisa mengatur waktu. Jika kita menjelajah dunia maya di warung internet, di kamar, atau di mana saja otomatis kita harus lebih bisa mengatur waktu.
5. Mendapatkan informasi terupdate
Faktanya sesuatu yang ada di internet lebih cepat update dari pada yang terdapat di televisi ataupun radio.
6. Belajar memilih antara yang baik dan yang buruk
Selain menyediakan hal-hal yang bermanfaat, internet juga menyediakan hal-hal yang buruk. Oleh karena itu, dengan adanya internet para pengguna browser harus bisa selektif memilih antara hal-hal yang bersifat positif dengan hal-hal yang bersifat negatif.
7. Bisa memperoleh penghasilan tambahan
Internet bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang bisnis, ekonomi, pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain. Memberikan kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran atau penjualan.
8.  Dapat meningkatkan IQ
Faktanya jika kamu sibuk bermain browsing di internet maka anda bisa mendapat kesempatan untuk menaikkan dan meningkatkan IQ anda
Mengetahui perkembangan dunia.
a.       Sebagai media komunikasi
Merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b.       Media pertukaran data.
Dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web) dan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.


C.       Jenis-Jenis Komunikasi Dunia Maya

Dalam dunia maya, komunikasi bisa dilakukan melalui e-mail, milis, chatting, facebook dan lain sebagainya :

a.      E-mail
E-mail (electronic mail) berarti surat elektronik. Kata e-mail merujuk pada dua hal. Pertama, e-mail merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis Internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik. Diantara aplikasi e-mail adalah: Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, AOL, Sina, 126, 123, Daum, dan lain-lain. Program ini digunakan untuk membaca, mengirim, dan menyimpan e-mail. Kedua, e-mail yaitu surat elektonik. Surat elektronik adalah surat yang dibuat, dikirim, dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertasakan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat, dikirim, dan/atau diterima dalam bentuk data yang diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet.[1][5]
b.      Milis
Milis (mailing list) adalah layanan di dalam Internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail. Diskusi dalam milis bisa dikelompok-kelompokan berdasarkan kategori tertentu, misalnya berdasarkan pekerjaan, bisnis, pendidikan, hobi, dan lain-lain. Bisa juga berdasarkan organisasi kemahasiswaan, misalnya HMJ, BEM, dan lain-lain. Salah satu penyedia mailing list (server) yang paing terkenal adalah Yahoo!
c.       Chatting
Chatting dalam bahasa Inggris artinya mengobrol. Dalam dunia internet, chatting berarti program yang tersedia yang digunakan untuk mengobrol atau berinteraksi lewat internet. Dengan fasilitas ini, kita bisa berkomunikasi dengan siapa pun dan dimana pun di seluruh belahan dunia. Chatting di internet menjadi mungkin dikarenakan adanya perangkat lunak (software). Diantara perangkat lunak yang digunakan adalah: mIRC, MSN Messenger, ICQ, GotoWorld, Yahoo! Messenger, dan lain-lain.
d.      Facebook
Disamping e-mail, milis, dan chatting, facebook juga merupakan jejaring sosial berbasis internet. Pencetus dan pengembang facebook adalah Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Universitas Harvard. Melalui facebook ini, kita bisa berkenalan dengan orang baru, membantu menemukan teman-teman lama yang selama ini sudah lost-contact, dan sebagainya. Kita bisa menggunakan facebook untuk berbagai kepantingan, seperti pendidikan, bisnis, politik, dan sebagainya. Melalui facebook juga kita bisa reuni, mmemperluas jaringan pertemanan dengan cara mengundang maupun diundang.

e. Twitter
Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret 2006 dan secara resmi diluncurkan pada bulan Juli 2006. Twitter adalah jejaring sosial sejenis micro-blogging --blog ukuran kecil dari sisi jumlah kata yang bisa diupload (hanya 140 karakter).


Sumber Rujukan :
Ritech Indonesia. 2011. Komunikasi Dunia Maya Dampak positif dan Negatifnya.
        positif.html. Diakses tanggal 10 maret 2016
Yuda 217. 2009. Komunikasi Virtual dan Manfaat Terhadap Kehidupan Sosial Manusia.
Diakses Tanggal 10 Maret 2016.
Lenie. 2007. Komunikasi Virtual dan komunikasi Klasik. “http://lenie-
zyb.blogspot.co.id/2007/11/komunikasi-virtual-dan-komunikasi.html”. Diakses
tanggal 10 Maret 2016



Tidak ada komentar:

Posting Komentar